BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pengertian Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan alat elektronik ini.Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat mengoprasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mengenai perkembangannya maka, computer tidak lepas dari berbagai perubahan pada system operasi dan juga perangkat kerasnya, dari tahun ketahun perangkat keras mengalami perubahan dan perubahan yang pasti menjadi lebih praktik, mudah digunakan, dan lebih ringan.
menghadirkankomputer terbaik yang dapat digunakan manusia selama bartahun-tahun sehingga terciptalah komputer dengan pernagkat keras yang lebih simple dan ringan. pernagkat keras yang disebut Hardware terus berkembang agar lebih praktis dan minimalis sehingga dapat memudahkan kerja manusia didunia.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah tersebut maka penyusun dapat merumuskan suatu masalah, yaitu :
Ø Apa pengertaian perangkat keras (hardware) ?
Ø Bagaimana sejarah perkembangan perangkat keras computer dari generasi ke generasi ?
Ø Jelaskan perkembangan perangkat keras komputer dari masing-masing generasi ?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Komputer dan mengetahui pengertian dan sejarah perkembangan perangkat keras komputer itu sendiri.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN HARDWARE
Hardware adalah sekelompok komponen fisik dari computer yang dapat dilihat jelas, dipegang, serta dioperasikan seturut program yang mendukung kinerjanya.
# Perangkat hardware terdiri dari tiga jenis yaitu:
a. Perangkat masukan (input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukan data, baik berupa teks, gambar, maupun foto kedalam computer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light pen, scanner dan sebagainya.
b. Perangkat keluaran (output device)
Perangkat keluaran digunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan. Misalnya monitor, printer dan speaker.
c. Perangkat pengolahan data (processor)
Perangkat pengolahan data dipergunakan untuk mengolah data. Meliputi unit pengolah pusat (CPU) dan juga mikro prosesor.
v Macam-macam perangkat keras yaitu:
a. CPU (central Processing Unit)
CPU merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
b. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedangn diproses dalam CPU.
c. Keyboard
Merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
d. Mouse
Mouse merupakan alat bantuk untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
e. Printer
Printer merupkan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, brupa teks maupun gambar/grafik.
f. CD Rom
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (compact Disk). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui system optic.
g. CD (compact disk)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastic. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan system optic.
h. Floppy disk
Adalah alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya. Ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
i. Harddisk
Hard disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan hard disk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data. Perlu diketahui hard disk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpanan system operasi yang permanen.
2.2 PERKEMBANGAN HARDWARE
a. Perkembangan Monitor
Resolusi Monitor
· CRT (cathode Ray Tube)Pertama dikembangkan untuk menerima siaran tv. Milestone adalah tabung televise pertama dari Wladimir Kosma Zworykin (1929), full electronic frame rate dari Manfred Ardenne (1930) dan pengembangan sinar katoda pertama yang dapat direproduksi oleh Allen B. Du Mont (1931).
· MDA (monochrome display adapter)
Pada akhir tahun 1960an perkembangan teknologi monitor televise berpisah jalur dengan teknologi monitor computer. Hal ini setelah adanya MDA yang memungkinkan gambar monokrom dengan resolusi 720 x 350 pixel.
· CGA (colour graphics adapter) 320 x 200 pixel
Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan CGA yang dapat menampilkan empat warna dengan resolusi 160 x 200 pixel. Awalnya monitor terintegrasi dengan casing PC atau terhubung dengan teknik yang proprietary. Monitor yang menjadi perhatian saat itu adalah Taxan Vision, sebuah layar warna 14 inci dengan resolusi 1000 x 1000 pixel dan frame rate sebesar 64 Hz.
· EGA (enhanced graphics adapter) 640 x 320 pixel
Monitor EGA muncul dengan resolusi yang lebih bagus yaitu 640 x 350 pixel. Monitor jenis ini cukup stabil sampai berikutnya muncul generasi computer windows.
· MCGA (Multi Colour Graphics Adapter)
MCGA merupakan adapter video untuk computer PS/2 model 25 dan 30. Pada resolusi 320 x 200 pixel. Warna yang dapat ditampilkan adalah 256 warna dari 262.144 palet warna yang tersedia.
· VGA (video graphics adapter) 640 x 400 pixel
VGA dikenal tahun 1987 dan sekaran menjadi standar monitor. Awalnya VGA dibuat untuk computer PS/2 tetapi dalam perkembangannya dapat digunakan pada computer PC/XT dan PC/AT. Resolusi maksimumnya adalah 720 x 400 pixel dalam 2 warna sedangkan pada resolusi 640 x 480 pixel dapat ditampilkan 146 kolom x 51 baris.
· SVGA (super video graphics adapter) 640 x 800 pixel
SVGA pada dasarnya sama dengan 8514 tetapi biasa disebut pada adapter non IBM. SVGA dapat digunakan pada PC/XT/AT, bukan untuk PS/2. Resolusi maksimum SVGA yang umum adalah 1024 x 768 pixel dengan 256 warna.
· XGA (extended graphics array) 800 x 1024 pixel
XGA merupakan adapter keluaran terakhir yang memiliki resolusi yang paling tinggi (lebih dari 1024 x 768 pixel).
· WXGA (widescreen extended graphics array)
Ini adalah monitor XGA dengan format layar lebar, umumnya digunakan untuk computer jinjing.
· SXGA (super extended graphics array) 1024 x 1200 pixel
Monitor ini memiliki resolusi hingga 1280 x 1024 dan 32 bit truecolor. Dengan aspect ratio yang tidak umum 5:4 (yang umum saat itu 4:3) sehingga jika diskala gambar akan terlihat lebih lebar di monitor SXGA dibandingkan dengan monitor XGA.
· WSXGA (widescreen super extended graphics array)
Nama lainnya WXGA+ adalah versi turunan dari WXGA resolusinya adalah 1440 x 900 dengan aspect ratio 61:10. Umumnya digunakan untuk computer jinjing.
· WSXGA+ (widescreen super extended graphics array plus).
Adalah versi turunan dari WSXGA yang umumnya dipakai oleh computer jinjing. Format layar lebar dengan resolusi max 1680 x 1050.
· UXGA (ultra XGA) 1200 x 1600 pixel
Adalah standar true color dengan resolusi 1600 x 1200 dengan aspect ratio 4:3.
· WUXGA (Widescreen Ultra Extended Graphics Array)
Turunan versi UXGA dengan resolusi 1920 x1200 dengan aspect ratio 16:10 umumnya digunakan untuk computer jinjing.
· QXGA (Quad Extended Graphics Array)
Monitor dengan resolusi 2048 x 1536 dan aspect ratio 4:3.
Tiga jenis teknologi monitor computer:
· CRT (cathode ray tube)
Teknologi tabung brown (CRT) ditemukan pada tahun 1897 akan tetapi teknologi ini baru diterima sebagai penerima siaran televise pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Akan tetapi ada kelemahan yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan. Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar electron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap. Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibandingkan dengan kedua teknologi yang lain. Meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.
· LCD (liquid crystal display) atau Flat display Panel (FDP)
Monitor LCD tidak lagi menggunakan tabung electron tetapi menggunakan sejenis Kristal liquid yang dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor dengan nama flat panel display dengan layar berbentuk pipih dan kemampuan resolusi lebih tinggi dibandingkan CRT. LCD menggunakan energy yang kecil dan banyak digunakan pada computer portabel.
Kelebihan lain yaitu adanya brightness ratioa yang telah menyentuh angka 350 : 1. Ukuran dimensi dan beratnya sangat rendah, energy yang digunakan juga rendah, hamper tidak ada efek flicker (tergantung pada tipe backlight yang digunakan) dan tidak ada batasan resolusi maksimal.
Kekurangannya adalah LCD memiliki sudut pandang yang sangat terbatas.
Lapisan-lapisan dalam sebuah LCD yaitu:
o Polaroid belakang
o Elektroda belakang
o Plat kaca belakang
o Kristal cair
o Plat kaca depan
o Elektroda depan
o Polaroid depan
· Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED)
Monitor jenis ini merupakan gabungan dari teknologi CRT dan LCD, yang menghasilkan layar tipis dengan sudut pandang yang dapat selebar CRT. Plasma gas juga menggunakan fosfor seperti halnya pada CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat berpendar tanpa adanya bantuan cahaya dari belakang layar.
b. Perkembangan Printer
1) Impact Printer
Adalah jenis printer yang memaksa print heads untuk mentransfer tinta ke media cetak dengan cara print heads menekan tinta sampai menyentuh kertas. Mirip dengan cara kerja mesin ketik. Beberapa tipe impact printer yaitu:
· Printer Dot Mattrix
Printer Dot Mattrix ( 9 pin atau 24 pin), mencetak pertitik, menggunakan pita karbon ukuran narrow (folio). Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik-titik yang saling menghubungkan satu dengan yang lainnya. Pada awalnya dot matrix hanya menggunakan 9 pin kemudian menjadi 24 pin. Contoh printernya yaitu Epson LX-300, LX-800, dan LQ-80 ukuran wide narrow (double folio) LX-1050, LX-1070, LQ-1070, LQ-1170
· Daisy Wheel Printer,
menghasilkan huruf yang kualitasnya cukup baik. Cara kerjanya sama dengan mesin tik. Daisy wheel adalah piringan yang terbuat dari plastic atau logam dimana pada setiap ujung dari piringan ini terdapat karakter-karakter untuk mencetak karakter yang diinginkan. Cara kerjanya relatif lamban dan tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik biasa. Kelemahannya adalah tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar atau grafik.
2) Nonimpact Printer
· Ink jet/Desjet/Buble Jet,
mencetak perbaris menggunakan tinta. Proses pencetakannya menggunakan semprotan tinta yang diatur oleh computer untuk dicetakkan ke media cetak. Kelemahannya adalah tidak dapat mencetak secara rangkap pada saat bersamaan. Contoh yaitu: canon 210 SP, canon BJP-10, BJP-4000, HP DJ-560, 600 C, Epson Stylus colour dll.
· Printer laser jet,
mencetak 1 halaman perdetik menggunakan serbuk karbon. Memakai system yang hampir sama dengan mesin foto copy. HP 5L, 6L, Laser jet 1000, cannon laser jet dll.
· Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Secara umum, bagian yang ada di dalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menelusuri permukaan kertas guna menghasilkan gambar
c. Perkembangan Keyboard
Pada awalnya susunan keyboard yang asli rancangan Christopher latham sholes tidaklah QWERTY. Susunan awal ini memungkin kita untuk mengetik dengan lebih cepat. Namun karena terlalu cepat dalam mengetik sering timbul masalah. Seringkali saat tombol ditekan batang-batang huruf yang menghentak pita itu saling mengait/tersangkut antara satu dengan lainnya. Karena bingung maka Christopher mengacak-acaknya sedemikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang paling sulit untuk digunakan mengetik. Tujuan nya untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi.
Akhirnya pada tahun 1973 susunan pada mesin ketik ini lah yang diturunkan pada keyboard sebagai input computer yang kemudian diresmikan sebagai keyboard standar ISO (international standard organization).
Ada beberapa susunan keyboard yang sering dipakai diantaranya:
· QWERTY,
sesuai namanya qwerty yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard Qwerty merupakan pengembangan dari mesin ketik.
· ASK (American Simplified Keyboard), yang disebut Dvorak ditemukan oleh Dr, August Dvorak pada tahun 1940. Susunan Dvorak menggunakan kelima vocal dan lima konsonan yang paling umum digunakan yaitu AOEUI DHTNS. Susunan Dvorak ini memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat akhirnya Dvorak harus kalah dengan susunan huruf QWERTY yang sudah banyak digunakan.
· Ada juga QWERTZ yang dipakai di Negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss dan lain-lain.
· AZERTY dipakai dinegara prancis dan belgia.
Jenis-jenis keyboard lainnya:
· Keyboard Maltron
Keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya hanya digunakan 8 jari untuk mengetik di keyboard biasa. Dengan mengetik di keyboard biasa maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (repetitive stress injuries). Dengan bentuk yang unik ini Maltron menjamin kenyamanan jari tangan saat mengetik dan tidak menyebabkan RSI dan akan meningkatkan kecepatan dalam mengetik karena menggunakan 10 jari bukan 8.
· Keyboard Proyeksi
Untuk menghemat tempat (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), bekerja dengan menggunakan sensor gerak, jika jari melakukan gerak tertentu, system scanning akan mengirim sinyal ke chip computer seolah user menekan tombol tertentu. Digunakan misalnya pada PDA sebagai pengganti mouse.
· Keyboard CHORD
Hanya mempunyai beberapa tombol antar 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan kecepatannya tinggi kurang popular, Karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
· Keyboard Klockenber
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 150 dan dibuat miring ke bawah. Keyboard klockenberg mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman.
d. Perkembangan Mouse
Pada tahun 1963mouse pertama kali ditemukan oleh seorang penemu Amerika dari Standford Research Institute, bernama Dr. Douglas Engelbart. Mouse pertama merupakan sebuah perangkat yang sangat sederhana. Terbuat dari kayu memiliki satu tombol kecil di sebelah kanan atasnya, kemudian memiliki dua roda besi kecil di dalamnya. Diperkenalkan pertama kalinya di sebuah konferensi di San Fransisco.
Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970 Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar computer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indicator posisi X-Y). karena bentuknya yang memiliki kabel panjang dan menyerupai seekor tikus alat ini kemudian dipanggil Mouse (tikus).
Pada tahun 1981 Richard Lyon dan Steve Kirsch membuat sebuah mouse yang menggunakan cahaya LED untuk mengarahkan kursor.
Pada tahun 1983 microsoft membuat mouse pertamanya dengan nama green eyed.
Pada tahun 1991 Logitech membuat “mouseman” dan ini adalah mouse nirkabel dengan menggunakan teknologi RF.
Tahun 1995 mouse menggunakan terobosan baru yaitu scroll whell. Pada tahun ini Apple juga memperkenalkan multibutton “mighty mouse”
Tahun 2006 Logitech dan Gyration merilis desain dari “air mouse” (gyroscopic).
Tahun 2008 microsoft memperkenalkan teknologi blue track, dan sekarang mouse dengan teknologi laser 3,5 G-5600 dpi, biasanya mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
e. Perkembangan Penyimpanan Data Komputer
· Punch Cards
Bentuk media penyimpanan data pertama adalah Punch Cards yang diciptakan pada tahun1752 oleh Basile Bouchon. Seperti dapat yang kamu lihat pada gambar, punch cards hanya mampu menyimpan sedikit data. Penggunaan punch cards utamanya tidak untuk menyimpan data, digunakan untuk menyimpan sebuah pengaturan mesin tekstil.
· Punched Tape
Punched tape awalnya diciptakan oleh Alexander Bain pada tahun 1846 untuk mesin fax dan juga telegram. Sama seperti puch cards namun punched tape digunakan untuk industri tekstil sebagai alat tenun mekanik. Tetapi di computer punched tape digunakan untuk input dan output data, setiap pita mewakili satu karakter.
· Williams tube
Disebut juga dengan Williams Kilburn tube. Dibuat pada tahun 1947 oleh Freddie Williams dan Tom Kilburn. Ini adalah RAM pertama dengan kecepatan 1.2 miliseconds per instruksi. Memiliki kapasitas 512 sampai 1024 bits.
· Selectron Tube
Pada tahun 1953 muncullah selectron tubes yang dibuat oleh RCA. Selectron tubes memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 256 sampai 4096 bits (32 sampai 512 bytes). Ukuran dari 4096 bits selectron tubes panjangnya 25 cm dan lebarnya 8 cm. media penyimpanan yang satu ini sangat mahal sehingga mengalami masalah produksi, dikarenakan mahal selectron tubes menjadi tidak sukses dipasarkan.
· Drum Memory
Ditemukan oleh Gustav Tauschek pada tahun 1932 di Austria. Drum Memory menjadi terkenal pada era 1950an sampai 1960an. Kapasitas penyimpanannya adalah 10 kb.
· Magnetic drum. Magnetic drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang computer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari memori utama.
· Hardisk
Hard disk pertama yang diciptakan oleh IBM pada tahun 1956, memiliki berat 500 kg dan kapasitasnya hanya 5 MB. Namun pada saat ini hard disk sudah lebih baik lagi perkembangannya. Ukurannya pun semakin kecil dan mudah untuk digunakan dengan kapasitas yang sangat besar mencai 1000 GB atau 1 Terabyte.
· Floppy Disk atau Disket
Floppy disk pertama diperkenalkan pada tahun 1969 dengan ukuran 8 inci yang hanya dapat menyimpan 80 kb dan hanya bisa read only. Pada tahun 1972 disket yang serupa juga dimunculkan dengan ukuran yang sama namun dapat menyimpan 1.2 MB yang bisa menyimpan data berulang-ulang. Pada tahun 1990 dimunculkan lagi floppy disk dengan ukuran 3 inc yang dapat menyimpan data sebesar 250 MB.
· CD (Compact Disk)
· CD ROM
Compact Disk Read Only Memory. Merupakan penyimpanan data optic menggunakan format fisik yang sama seperti compact disk audio.
· DVD (Digital Versatile Disk atau Digital Video Disc)
Philips, sony, Toshiba, dan Panasonic pada tahun 1995 memproduksi media penyimpanan yang dinamakan dengan DVD. DVD merupakan perkembangan dari CD yang dapat menyimpan hingga 8,5 GB.
· USB/flas disk
Flash disk pertama adalah IBM Disk On key yang dipasarkan pada tahun 2000 di Amerika selatan dengna kapasitas penyimpanan 8 MB. Hal ini membuat era dari Floppy Disk berakhir dengan cepat. Flash disk menjadi pilihan utama masyarakat.
· SD CARD (Secure Digital card)
Pada tahun 2000 saat ponsel dan kamera mulai digemari muncullah SD CARD yang ukuran nya sangat kecil dan juga muat dipasang pada kedua perangkat tersebut. SD Card pada saat itu hanya berkapasitas 32 MB, memiliki banyak tipe diantarnya mini SD, mini SDHC, miniSDIO, microSD, SDHC, dan SDXC.
f. Perkembangan CPU
· generasi pertama (1945-1948)
ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang diproduksi oleh IBM pada tahun 1945 adalah salah satu moyang computer yang ukurannya super besar. Bayangkan saja dengan perangkat yang terdiri dari 18.000 tabung kedap udara dibutuhkan ruangan seluas 18 x 8 meter2 untuk pengoperasiannya hampir separuh luas lapangan sepak bola.
Perkembangan CPU generasi pertama berlanjut dengan lahirnya EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang ukurannya lebih kecil sedangkan UNIVAC (Universal Automatic Computer) adalah computer ukuran besar pertama yang digunakan untuk keperluan bisnis pada tahun 1951-an.
· generasi kedua (1958-1966)
ditemukan transistor pada tahun 1956 menjadi awal dari revolusi computer. Transistor menggantikan tube vakum pada televise, radio, dan computer sehingga ukurannya menjadi jauh lebih kecil daripada sebelumnya. Transistor juga membuat kebutuhan listrik menjadi lebih rendah.
Pada periode ini mulai dikenal bahasa pemrograman. Dengan bahasa pemrograman computer mulai mudah dimengerti banyak orang karena istilah yang digunakan untuk memasukkan data bukan lagi angka-angka biner melainkan sudah berupa teks.
Pada masa ini computer semakin banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis karena benda ini telah mampu menjalankan fungsi-fungsi transaksi bisnis.
· generasi ketiga (1966-1972)
ditemukannya IC (integrated circuit) oleh Jack Kilby pada tahun 1960an menjadi tonggak penanda revolusi computer, khususnya perangkat CPU. IC menutup kelemahan yang ditimbulkan oleh pemakaian transistor pada CPU yang menjadikan perangkat computer cepat panas. Kapasitasnya lebih besar dari generasi sebelumnya.
· generasi keempat ( 1972-1978)
setelah IC tujuan perkembangan computer menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan juga komponen-komponen elektrik lainnya. Large Scale Integration (LSI) dapat menampung ratusan komponen dalam satu buah chip. Kemudian pada tahun 1980an Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dengan satu buah chip tunggal. Dalam golongan computer generasi ke empat ini kita mengenal IBM Compatible dengan pemakaian CPU.
· generasi kelima (1978 sampai sekarang).
Menggunakan microprocessor ukuran lebih kecil tidak cepat panas dan kapasitasnya sangat besar dari generasi sebelumnya. Penggunaanya lebih luas dengan memperhatikan aspek efisiensi energy. Penampilan yang menarik dan rendahnya dampak radiasi pada kesehatan tubuh manusia serta penggunaanya lebih praktis.
2.3 PENGERTIAN SOFTWARE
Software (perangkat lunak) yaitu program yang terdiri dari perintah-perintah (intruksi) untuk mengatur operasi komputer maupun untuk melakukan pengelolaan data serta mengkoordanisasikan perangkat keras secara umum di bagi dua, sebagai berikut :
1. Operating system
Program computer yang di gunakan untuk mengoperasikan dan mengkoordinasikan perangkat keras.
Contohnya :
ØDOS
Sistem operasi DOS adalah keluarga sistem operasiyang diguankan di computer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generic bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari penimpanan berupa disk, baik disket maupun hardisk saat sistem computer dinyalakan.
ØOS/2
OS / 2 awalnya dikembangkan bersama oleh IBM dan Microsoft meskipun akhirnya dijual Microsoft kepada IBM, tetapi pada tahun 1991 kedua perusahaan berpisah dengan menggabungkan teknologi Microsoft GUI pada Windows-nya sendiri dan IBM mengembangkan OS / 2. GUI yang digunakan dalam OS / 2 yang disebut “Presentation Manager”. Versi ini hanya didukung GUI dan ikon monokrom. Hal inilah yang membuat OS ini kompatibel denan DOS dan WINDOWS. Versi 4.0 OS ini diberi nama Merlyn
ØSUNSOFT
Sunsoft adalah sistem operasi yang dibuat oleh sun Microsystem Inc. sistem operasi ini merupakan versi interaktif sistem UNIX dan ditujukan untuk pengguna yang menggunakan dan menjalankan beberapa program aplikasi sekaligus.
ØSYSTEM 6.X/7.X
Sistem operasi ini dijalankan untuk computer macintosh. Metode ini menggunakan mode atau tampilan grafis yang disebut grafichal user interface. Perintah-perintah yang diberikan berupa bentuk icon atau gambar.
ØWINDOWS NT
Sistem operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985. Semulanya sistem operasi ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Pemakaian sistem operasi ini pada awalnya tidak terlalu menarik. Ini terjadi hingga diperkenalkan sistem operasi windows versi 3.0 pada bulan mei 1990.
ØNEXTSTEP
Nextstep adalah sistem operasi yang ditujukan untuk penggunaan computer Next. Karena kecanggihannya, Nextstep kini tersedia juga untuk computer yang menggunakan prosesor buatan intel.
ØUNIX
UNIX adalah nama system opersi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT & T Bell Laboratory untuk pemakaian khusus.
ØLINUX
Linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU (Gnu Not Unix). Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras computer mulai dari x86 sampai RISC.
2. Application program.
Program aplikasi merupakan program computer yang berisi perintah-perintah pengolahan data (angka, huruf, audio atau video) yang dioperasikan dengan system operasi.
Contohnya :Mengolah kata : WS, CW writer, MS Word, Page Maker, dll
· Mengolah angka grafik : Lotus 123, MS Ecxel , dll
· Mengolah gambar / photo : Corel Draw, poto shop, publisher, Animatiaon, photostudio, dll.
· Mengolah suara : MP3
· Presentasi : Power Point
· Mengolah data video : Cyberling Power DVD, Ahead Nero
· Internet : Internet Exflorer, Pront page
· Pendidikan : multimedia, Encarta
· Antivirus : Amtivir, McAfeem
· System tool dll
2.4 PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI
1. OS/360
Ditahun 1964 IBM mulai memperkenalkan computer mainframe dengan OS/360, beberapa kelas computer dengan system/360 di rancang agar kompatibel secara perangkat keras. System/360 atau dikenal dengan S/360 menggunakan sistem operasi OS/360. System 360 berevolusi menjadi system 370.
2. UNIX
Pertama kalinya UNIX ditemukan di Bell Laboratory (juga dikenal sebagai Bell Labs dan sebelumnya dikenal sebagai AT & T Bell Laboratories dan Bell Telephone Laboratories) merupakan salah satu devisi dari perusahaan AT & T. namun UNIX sendiri diturunkan dari beberapa nama sistem operasi lainnya yang telah ditemukan sebelumnya dilaboratorium tersebut.
Di akhir tahun 1960 silam, Bell Laboratory merupakan salah satu laboratory yang turut aktif di dalam mengembangkan sistem operasi timesharing yang juga dikenal sebutan MUTICS (MULTipex and Computing Service). Ditahun 1968, departemen penelitian dari Bell labs menyadari adanya beberapa problem dari sistem operasi tersebut, dan hal tersebut memndorong Bells labs untuk mengundurkan diri dari MULTICS disekitar tahun 1969.
Beberapa staff Bells labs di antaranya D.Ritchie dan K.Thompus yang juga dikenal sebagai penulis utama bahasa C, kemudian berkumpul dan mulai penelitian untuk mengembangkan sistem operasi sebagai alternative dari MULTICS.
Personal computer yang pertama kali di ciptakan di tahun 1975 bermodalkan 8 bit INTEL 8080 CPU dan 256 bytes memori. Satu-satunya bahasa yang ada adalah sebuah bahasa versi BASIC yang kemudian menjadi sangat popular di kalangan pemakai mikro computer. Disekitar Tahun 1980, IBM melihat personal computer sebagai area yang sangat menguntungkann untuk dikembangkan. IBM kemudian memutuskan bahwa untuk mendapatkan personal computer dalam waktu singkat adalah membeli komponen-komponen yang telah ditemukan terlebih dahulu, daripada memullllllai semuanya dari awal.
Perushaan tersebut lalu memutuskan untuk membeli INTEL 8080 (penerus 8080) dan meminta penemu bahsa BASIC, Gates dari perusahaan Microsoft untuk menciptakan sistem operasi bagi personal computer yang baru tersebut . pada saat tersebut UNIX telah menjadi sistem ooerasi yang cukup dikenal, namun UNIX membutuhkan 100K dan hard disk, sedangkan personal computer yang baru tersebut hanya memiliki 64K dan tanpa hardisk. Hal inilah yang mendorong perusahaan Microsoft untuk menciptakan MS-DOS (Microsoft untuk menciptakan MS-DOS (Microsoft – Disk Operation System) yang diciptakan berdasarkan sistem operasi CP/M dengan perubahan disaana sini. Ketika IBM-PC pertama kali dipublikasikan ditahun 1981 dan kemudian MS-DOS telah menjadi bagian dari PC tersebuut.
Ditahun 90-am memory dan har disk dari sebuah personal computer tidaklah menjadi masalah lagi. Berbagai fasilitas dan kapasitas yang dulu hanya dimiliki oleh computer mini. Sekarang telah dimiliki pula oleh computer personal. Saat inilah pandangan dunia computer personal memulai terarah pada kemungkinan-kemungkinan penerapan UNIX sebagai sistem operasi. UNIX tidak akan lama bertahan sebagai sistem operasi uuntuk computer mini, para pemakai computer personal pun sudah harus mempersiapkan diri untuk menerima UNIS sebagai sistem operasi yang universal.
3. CP/M
CP/M (Control Program/Monitor) adalah sistem operasi pertama yang dibuat Dary Kildall dari Digital Research Inc sebagai konsultan Intel 8080/85 dan Zilog Z80 untuk microcomputer yang dapat menjalankan 1 proses saja pada 8 bit prosesor dan menggunakan memori tidak lebih dari 64 kbyte.
Pada tahun 1950 kildall memiliki tugas untuk merancang dan mengembalikan bahasa yang disebut PL/M untuk chip 8080 dan digunakan sebagai bahasa pengembangan sistem. Saat itu Intel merancang sistem computer menggunakan 8080. Rencana untuk dipergunakan Dary memakai 8080 emulator Intel dapat berjalan di PDP-10 minikomputer mereka yang besar. Tetapi gary harus bekerja secara langsung pada prosesor 8080 tersebut. Di lain sisi dikarenakan juga bekerja pada mesinnya sendiri di rumah, maka dia tidak dapat menghindari perjalanan 50 mil ke intel tiap hari.
Pada saat intel telah menyelesaikam 8080 komputer Intel dengan sebutan “Intellec-8”, tetapi prosessor ini tidak memiliki software atau tempat menyimpanan yang diberikan. Maka Kildall menggunakan test floppy drive free dari Shugart Associates yang digabungkan ke Intellec-8 dengan rancangan teman Kildall bernama john Torode, dan menulis sistem operasi operasi primitif yang disebut CP/M.
CP/M dikembangkan pada Intel 8080 emulator menggunakan operasi sistem DEC’S TOPS-10. Jadi secara alami, banyak bagian dari CP/M terinspirasi dari operasi sistem ini. Termasuk 8 karakter file name dengan 3 karakter extension yang digunakan tiap MS-DOS/Windows 3.X.
Pengembangan operasi sistem ini merupakan pekerjaan yang memakan banyak waktu. Pada akhir 1975 Kildall menyelesaikan CP/M versi 1.0 yang dijalankan pada PL/M, akan tetapi Intel saat itu sudah tidak tertarik lagi dengan bahasa pengembangan sistem itu, dilihat tidak memiliki potensi untuk pemasaran.
Pada 1976, pengembangan dunia bergerak cepat. Intel sibuk menjual 8080 chips ke banyak perusahaan computer kecil dan perusahan berkembang yang tidak melepaskan kesempatan memasukkan bisnis software 1 bit. Banyak perusahan yang tidak mempunyai waktu untuk menulis sistem operasi mereka sebagai pionir pertama di lapangan. Perusahan bernama IMSAI membuat 8080-based sistem yang sangat sukses. Mereka baru memulai memarketkan floppy disk sistem dan memerlukan beberapa software untuk digunakan secara cepat. Merka mengetahui tentang KIldall dan CP/M sehingga menghubunginya.
Pada 1978 CP/M 2.2 telah menjadi dekat dengan landasan 8080 dna Z80 mikropropessor lebih dari mengalokasikan 1 Mbyte memori. Digital Research mengfokuskan ke 16 chip dengan versi CP/M-86, tetapi bukan prioritas utama saat itu.
IBM merencanakan memasuki market microcomputer dengan serius tahun 1981 dan Komputer Raksasa memiliki prioritas sendiri, merupakan pengeluaran besar dan marketing power untuk membackup mereka. IBM memilih 8080 chip baru sebagai inti dari PC baru mereka, dan tentu memerlukan operasi sistem untuk menjalankannya. Daripada menulis operasi sistem sendiri dengan mesin baru, waktu dan permintaan pemasaran yang telah ada, mengarahkan mereka ke pintu Digital Research untuk lisensi CP/M menjadi IBM-PC.
Ketika Digital Research mengumumkan CP/M 3.0 dengan fitur yang lebih setelah versi 2.2 Upgrade hanya untul 8080/Z80 sistem yang mana tidak banyak lagi dilihat karena munculnya mikrokomputer (PC) secara umum.
Seperti hantu masa lalu, cukup familiar A>prompt echo di MS-DOS prompt, yang mana tetap bagian dari Windows dan OS/2 DOS. Masih menjadi rumor bahwa kode asli dari MS-DOS 1.0 adalah copy-an CP/M.
4. DOS
DOS adalah sistem operasi yang diguankan di computer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generic bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari penyimpanan berupa disk, baik disket maupun hardisk saat sistem computer dinyalakan.
DOS terbagi menjadi beberapa kelas , yakni :
a. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quickand Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem computer IBM PC/Compatible.
b. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating, yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh computer IBM PC.
c. DR-DOS (Digital Rasearch Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
d. Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated)
e. Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera corporation.Free DOS merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source. Sistem operasiini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan penggunaan berbasis teks (text-mode user interface) dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar(>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan perintah PROMPT. Sistem operasi ini bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan posesor pada modus real (real mode) dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahan pembuat computer, yang bernama Seattle computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direktur oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS. Pada Tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada computer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft puun membeli lisensinya dengan harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS, selanjutnya saat IBM hendak meluncurkan computer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.
IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS, dimana versi IBM yang langsung dibundel dengan computer IBM PC disebut dengan IBM PC-DOS (Internnasional Business Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada awalnya IBm hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft, seperti programnya atau utilitas yang disertakannya. Karena itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS, tapi MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar ssama seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft sedang berkonsentrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS/2. Microsoft, ketika melisensikan DOS kepada IBM, menandatangani perjanajian lisensi yang salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS menjadi nama yang mereka gunakan (contoh : TAndyDOS, Compaq DOS dll). Kebanyakan versi-versi tersebut tentu saja sama dengan versi yang telah dikembangkan oleh Microsoft dengan MS-DOS nya, tapi Microsoft mulai mencabut perjanjian lisensinya.
5. WINDOWS 95
Windows 95 ynag memiliki nama kode Chicago dalam masa pengembangan dirilis tanggal 24 Agustus 1995 dan telah mengggunakan arsitektur 32-bit. Namun emi alas an kesesuian terhadap versi sebelumnya, kinerja dan waktu pengembangan Microsoft tidak mengganti semua kode windows menjadi 32-bit. Masih banyak bagian di dalamnya berupa 16-bit.
Walaupun hamper sama dengan versi sebelumnya, yaitu sama-sama masih menggunakan MS-DOS, namun dalam menggunakan versi ini Microsoft mulai memperkenalkan browser Internet Explorer. Versi ini juga memiliki tampilan GUI yang baru.
Sebelum menggantinya dengan versi Windows yang beru, Microsoft merilis Windows 95 dalam lima versi berbeda, yaitu:
1. Windows 95, rilis sebenarnya dari windows 95 A.
2. Windows 95 A, mencakup pembaruan Windows 95 Original Service Relasw 1 (OSR1) yang dimasukan secara langsung terhadap instalasi.
3. Windows 95 B, mencakup beberapa pembaruan penting lainnya, seperti halnya sistem berkas FAT32, dan Internet Explorer 3.0 Versi ini juga dikenal dengan windows 95 OSR2, atau banyak orang di Indonesia menyebutkan sebagai windows 97.
4. Windows 95 B USB, atau Windows 95 OSR 2.1 merupakan versi windows 95yang menwarkan dukungan terhadap perangkat keras berbasis bus Universal Serial Bus (USB).
5. Winsows 95 C, atau Windows 95 OSR 2.5 mencakup semua fitur di atas, ditambah Internet Explorer 4.0. versi ini merupakan versi yang paling terakhir dirilis dari seri windows 95.
Windows 95 OSR2, OSR 2.1 dan OSR 2.5 tidaklah dirilis untuk masyarakat luas, akan tetapi hanya kepada OEM (pabrikan) saja yang mau menggunakan sistem operasi tersebut ke dalam computer buatannya. Beberapa perusahaan OEM bahkan menjual hard disk baru dengan sistem operasi Windows 95 OSR2 di dalamnya. Selain fitur yang terkandung di dalam windows 95, Microsoft Plus! For Windows 95 yang mencakup beberapa fitur tambahan yang tidak di miliki oleh Windows 95.
2.5 PERKEMABANGAN PROGRAM APLIKASI
ü ELECRTIC PENCIL (1976), aplikasi pengolahan kata
ü WORD STAR (1979), aplikasi pengolahan kata
ü MS-WORD, EXCEL, POWER POINT (1995)
ü Pengolahan Kata: Benchmark, WP, Blue, Datatexe, Display Write, Secretary, Page Maker Publiser dll.
ü Data Base : Aladin, Advand DB Mastyer, Data ACE, TIM, Dbase dll
ü Permodelan: Calc-86, Calcstar, Contruction, Model, Esay Planer dll
ü Investasi Management: Financial Fastrex, Financial Software Series dll
ü Akuntansi : Payroll, Acount Payable, Acount Receible
ü Penjadwalan Proyek: Shoebox, Microtern, Time Scheduler, Visiheduler dll
ü Telekomunikasi : Asion, Ethernet, Microtern, The Microlink II, PC BBS, Pcnet dll.
ü Grafik / Menggambar: Auto Cad, Coreldraw, Vidio Graph, Print Master, Certificate Master, Potoshop, Flash, Animation dll
ü Manipulasi Printer :Lettrix, Fancy Font, Nice Print dll.
ü Sorting :Aoutosort/86M, Fastosrt, Hbsort, The Sort dll
ü Statistik : SPSS, BMB, Microstat, Statpro, TSP dll
ü Permainan : Apple Panic, Attack On Altar, The Original Aventure, Zork, Fight Simulaotor, Temle Of Apshai, Snack, Ultima, Cashman dll.
ü Pendidikan : Chemtutor, Engineering software, facemarker, Fifty Program for IBM PC, Language Teacher series ,Math Drills, Encarta dll.
Kampus : STKIP Kusuma Negara
Program : S.1 Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Flowchart
Penyusun : Erni Alfiani
Sridevi
Romlah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terikamasih